Selasa, 12 April 2016

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER

                                        SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER


Definisi Komputer

          Komputer berasal dari bahasa Inggris, computer dengan kata dasar to compute yang artinya menghitung. Jadi secara harafiah computer berarti mesin hitung. Dalam perkembangan selanjutnya, banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh mesin kecil ini jika kita dapat menyusun perintah-perintah kepada komputer atau yang kita sebut sebagai program aplikasi.

          Pengertian komputer saat ini bukanlah semata-mata sebagai alat hitung saja, melainkan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal (tempat penyimpanan) dan bekerja dengan bantuan sistem operasi (operating system) menurut program-program yang diberikan kepadanya.

Ada beberapa ciri pada suatu komputer yaitu :
  1. Alat elektronik.
  2. Dapat menerima input data.
  3. Dapat mengolah data (data processing).
  4. Menggunakaan suatu program yang tersimpan di memori komputer.
  5. Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan (data storage).
  6. Memiliki kendali (control).
  7. Dapat melakukan pemindahan data (data movement).
  8. Bekerja secara otomatis.

Definisi Komputer Menurut Beberapa Para Ahli

           Komputer berasal dari bahasa latin yaitu 'computare' yang berarti arti menghitung. Karena luasnya bidang tentang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit saling berbeda dalam mendefinisikan apa itu komputer.

          Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan didalam memorinya, dan kemudian menghasilkan output atau keluaran berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).

Beberapa definisi komputer menurut beberapa buku komputer adalah sebagai berikut :
Komputer Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
  1. Menerima input atau masukan.
  2. Memproses input tersebut sesuai dengan programnya.
  3. Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan.
  4. Menyediakan output atau keluaran dalam bentuk informasi.
  5. Komputer Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :
          Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta  akuran yang telah dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input atau masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Dari berbagai banyak pendapat di atas, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.


Sejarah Komputer

          Sejak zaman kuno, manusia telah menggunakan bilangan. Bahkan suku-suku paling primitif telah melakukan perhitungan rumit yang diperlukan untuk pertanian, perniagaan, dan navigasi. Alat untuk mempermudah perhitungan  macam itu dimulai dari batu penghitung jaman prasejarah dan meningkat maju dengan abakus.

          Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung ( Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal kompuer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu konpur dan dijuluki sebagai bapak komputer.

Berikut ini sejarah komputer dan perkembanganya :

1822: Charles Babbage mengemukakan idenya yaitu sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan penghitungan pada tingkat kompleksitas yang tinggi dan rumit. Mesin buatanya yang belum selesai tersebut saat ini di musiumkan di Museum of Science London.

1937: Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mulai membuat design komputer digital elektronis pertama. Mereka memberi nama mesin tersebut ABC (Atanasoff-Berry Computer). Kemampuan mesin ABC tersebut hanya sebatas menghitung tambah dan pengurangan.

1943: Pada Perang Dunia 2, Seorang ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik yang dibuat khusus bagi tentara Inggris. Tujuan pembuatan komputer tersebut agar dapat digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

1944: Howard Hathaway Aiken (Amerika) membuat yang diberi nama Mark I. Merupakan sebuah komputer hitung digital pertama. Komputer tersebut memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I sudah dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

1945: Dr. John von Neumann menulis sebuah konsep penyimpanan data. Pada saat itu masih berupa ide.
1946: Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. membuat komputer skala besar yang pertama, nama komputer tersebut adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia juga beranggapan kedua orang ini sebagai penemu komputer digital.

ENIAC komputer memiliki berat 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), dengan lebar 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Saat pertamakali dioperasikan Pertama seluruh jaringan listrik di wilayah Philadelphia mendadak mati.

ENIAC sedikit lebih maju dibandingkan Mark I yang hanya dapat menghitung. ENIAC tidak hanya memiliki kemampuan menghitung, tambah, kurang, kali, bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana.

1951: The U.S. Bureau of Cencus menginstalasi komputer komersial pertama yang bernama  UNIVAC I ( Universal Automatic Computer). UNIVAC I ini dikembangkan oleh Mauchly dan Eckert untuk Remington-Rand Corporation.

1947: William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain merupakan penemu Transistor pertama di dunia. Semenjak ditemukanya transistor, ukuran komputer menjadi semakin kecil.

Evolusi komputer selepas tahun 1940 boleh dikelaskan kepada lima generasi.
  1. Generasi Pertama (1940 – 1959).
  2. Generasi Kedua (1959 -1964).
  3. Generasi Ketiga (1964 – awal 80-an).
  4. Generasi Keempat (awal 80-an – ?).
  5. Generasi Kelima (masa depan)

A.    Perkembangan Generasi Komputer Sebelum Tahun 1940

1)    Abakus


          Abakus adalah salah satu alat yang paling awal yang digunakan untuk perhitungan, Muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Asal abakus tidak dapat ditunjuk dengan tepat. Alat ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno. Pertama-tama abakus berupa sebuah permukaan pasir, sabak lilin, atau batu lebar dengan tanda yang menunjukkan letak bilangan dan kerikil yang digunakan sebagai penghitung. Orang romawi menyebut kerikil semacam itu calculus, dari situ berasal kata kalkulasi. Pada abakus modern terdiri dari dua kelompok baris yang menggambarkan tangan manusia. Lima cincin bawah mewakili lima jari manusia, dan dua cincin atas mewakili dua tangan manusia. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.


 
Gambar 1.1. Abakus


2)    Kalkulator roda numerik 1 atau pascalin



 
Gambar 1.2. Blaise Pascal (1623-1662)


          Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi di perancis pada tahun 1642, dalam usia 18 tahun Blaise Pascal (1623-1662). Penemuan pascal, yang disebut sebagai kalkulator roda numerik 1 (numerical wheel calculator) atau pascalin, dikenal sebagai mesin penjumlah dan mengurangi pertama. untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan enam roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga enam digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.



Gambar 1.3. Kalkulator Roda Numerik 1 Atau Pascalin


3)    Kalkulator roda numerik 2


Gambar 1.4. Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)


          Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.  Dengan  mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

Gambar 1.5. Kalkulator Roda Numerik 2 


4)    Kalkulator mekanik

  Gambar 1.6. Charles Xavier Thomas de Colmar


          Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang  dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik  Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis  dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

 Gambar 1.7. Kalkulator Mekanik 


5)    Mesin Differensial


 Gambar 1.8. Charles Babbage (1791-1871)


          Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Penemuan Babbage adalah Mesin Differensial yaitu suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang pernah membuat kita pusing waktu belajar matematika di SMA dulu pada tahun 1822. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.

Gambar 1.9 Mesin Differensial


Programer wanita pertama Analytical Engine

Gambar 1.10 Analytical Engine


          Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin Anlytical Engine ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage tidak pernah selesai dikerjakan dan tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.


B.    Perkembangan Generasi Komputer Setelah Tahun 1940


1)    Komputer generasi pertama ( 1940-1959 )


          Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Kelemahan komputer generasi pertama adalah mesin cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer dan memerlukan banyak tenaga elektrik yang menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Kelebihan komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Ciri komputer generasi pertama :

  1. Sirkuitnya menggunakan Vacum Tube.
  2. Program dibuat dengan bahasa mesin :  ASSEMBLER.
  3. Ukuran fisik komputer sangat besar, Cepat panas.
  4. Proses kurang cepat.
  5. Kapasitas penyimpanan kecil.
  6. Memerlukan daya listrik yang besar.
  7. Orientasi pada aplikasi bisnis. 

    Gambar 2.1. Komputer Generasi Pertama ( 1940-1959 )

     
    2)    Komputer generasi kedua ( 1959 - 1964 )


              Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

    Ciri komputer generasi kedua :

    1. Sirkuitnya berupa transistor.
    2. Sudah ada sistem operasi  munculnya COBOL.
    3. FORTRAN, ALGOL.
    4. Kapasitas memori utama sudah cukup besar.
    5. Proses operasi sudah cepat.
    6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
    7. Berorientasi pada bisnis dan teknik.

      Gambar 2.2. Komputer Generasi Kedua ( 1959 - 1964 )


      3)    Komputer generasi ketiga ( 1964 - awal 80an )

                Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.


      Ciri komputer generasi ketiga :

      1. Menggunakan IC ( Integrated Circuit )
      2. Pemrosesan lebih cepat.
      3. Kapasitas memori lebih besar lagi.
      4. Penggunaan listrik lebih hemat.
      5. Bentuk fisik lebih kecil.
      6. Banyak bermunculan application software.

        Gambar 2.3. Komputer Generasi Ketiga ( 1964 - Awal 80an )


        4)    Komputer generasi keempat ( awal 80an - ??? )

                  Setelah IC,tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun 1980-an,Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. 
        Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an,video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.Pada tahun 1981,IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor,dan sekolah.

        Ciri komputer generasi keempat :
        1. Menggunakaan Large Scale Integration ( LSI ).
        2. Microprocessor : penggabungan seluruh komponen komputer ( CPU , memori, kendali I/O) dan diprogram sesuai dengan kebutuhan.
        3. Munculnya PC.

          Gambar 2.4. Komputer Generasi Keempat ( Awal 80an - ??? )


                     Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.


          5)    Komputer generasi kelima ( masa depan )

                    Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model nonNeumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.



          Gambar 2.5. Komputer Generasi Kelima ( Masa Depan )










          DAFTAR PUSTAKA

          http://dwikurniawan88brandals.blogspot.co.id/2014/10/evolusi-komputer-dari-generasi-pertama_16.html
          file:///C:/Users/elisa/Downloads/1.%20Sejarah%20dan%20Perkembangan%20komputer%20(1).pdf
          http://5302414001.blogspot.co.id/2014/09/tokoh-tokoh-perkembangan-komputer.html
          http://idpustaka.com/wp-content/uploads/2016/03/Sejarah-Komputer-2.pdf
          https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6a/Gottfried_Wilhelm_von_Leibniz.jpg
          http://www.hannaharendtcenter.org/wp-content/uploads/2013/11/blaise.jpg
          http://balisoulmate.com/wp-content/uploads/2014/09/komputer-generasi-pertama3.jpg
          http://www.dmg-lib.org/dmglib/handler?file=images_001/img_130425_170905_036925023_Charles_Xavier_Thomas_de_Colmar_/_tn_150x141_DE_COLMAR_Charles.PNG.png.jpg
          http://blog.ub.ac.id/adithiasandi/files/2014/09/ntii_dms_814168_large.jpg
          https://aldimaulana58.files.wordpress.com/2011/11/generasi-2.jpg
          https://yulenbilly.files.wordpress.com/2009/12/univac-1108.jpg
          https://radityasukhoraharja.files.wordpress.com/2012/08/4.jpg
          http://crypto.mn/ic/uploads/2013/11/gener-4.jpg









          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar