Rabu, 13 April 2016

PROCESSOR

PROCESSOR



Gambar 1.1. Processor




Definisi

          Processor adalah sebuah chip yang menjadi otak komputer, dan merupakan bagian terpenting dalam sebuah PC (Personal Computer) karena menjalankan tugas sebagai pusat pengendali sekaligus bertindak sebagai pelaksana eksekusi atas perintah/intruksi berupa bahasa kode yang diwujudkan menjadi tulisan, angka maupun gambar. Sering pula disebut sebagai CPU (Central Processing Unit). Karena bentuknya yang kecil maka ada juga yang menyebutnya Micro Processor. Setiap data yang masuk akan melawati processor, kemudian diolah didalamnya dan keluaran yang dihasilkan berupa data-data yang diinginkan oleh user.


Pengertian Processor Menurut Para Ahli

          Segenap ahli yang bergerak di bidang perkomputeran telah melakukan penelitian mendalam terkait processor, lalu menuangkan hasil penelitian mereka tersebut ke dalam makalah-makalah maupun jurnal yang ditujukan sebagai informasi sekaligus dapat menjadi bahan pembelajaran bagi penelitian-penelitian selanjutnya. Pada dasarnya pengertian processor menurut ahli cenderung beragam dan terkesan tidak satu suara. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kita bisa menemukan korelasi yang jelas antara pendapat dari ahli yang satu dan ahli lainnya.

Berikut ini beberapa pengertian processor menurut para ahli :

Pengertian Processor Menurut Ajen Dianawati

          Processor adalah alat untuk mengolah atau memproses data-data komputer. Data-data tersebut bisa berupa tulisan, angka maupun gambar.


Pengertian Processor Menurut Ali Zaki & SMITDEV COMMUNITY

          Processor adalah otak dari komputer, tugasnya adalah memproses masukan informasi biner dari computer.


Pengertian Processor Menurut Erima Oneto

          Processor adalah otak dari sebuah komputer, yang merupakan pusat pengendali komputer dan bekerja dengan dukungan komponen lainnya.


Pengertian Processor Menurut Ir. Sugiyono

          Processor adalah perangkat terpenting sebuah komputer, yaitu tenaga pelaksana sebuah eksekusi perintah atau program.


Pengertian Processor Menurut Juharis Rasul & Abdul Hamid

          Processor merupakan pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.


Pengertian Processor Menurut Lia Kuswayatno

          Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer.


Pengertian Processor Menurut Raya Fahreza

          Processor adalah bagian terpenting dai sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengontrol segala aktivitas yang ada pada komputer.


Pengertian Processor Menurut Rahmat Putra

          Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen di dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan di dalam computer.



Pengertian Processor Secara Umum


Gambar 1.2. Processor


          Dengan melihat beberapa pengertian processor menurut para ahli seperti yang telah dijabarkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian.

Processor secara umum dapat didefinisikan sebagai berikut :

          Processor adalah sebuah chip yang menjadi otak komputer, dan merupakan bagian terpenting dalam sebuah PC (Personal Computer) karena menjalankan tugas sebagai pusat pengendali sekaligus bertindak sebagai pelaksana eksekusi atas perintah/intruksi berupa bahasa kode yang diwujudkan menjadi tulisan, angka maupun gambar.


Fungsi Processor Secara Umum


Gambar 1.3. Processor


          Pada awalnya, fungsi processor hanya bersifat terbatas yakni digunakan untuk pengolahan aritmatika saja seperti yang dapat kita temukan pada kalkulator model jaman sekarang. Namun sekarang ini fungsi processor telah berkembang lebih jauh, dimana secara umum dapat disimpulkan bahwa fungsi processor adalah untuk memproses data yang diterima dari unit masukan atau input, kemudian akan meneruskannya menjadi keluaran atau output. Kelihatannya memang sederhana, tapi hampir seluruh arus data yang terjadi di dalam komputer berada di bawah kendali processor yang kemudian mengendalikannya untuk memproses kerja sebuah komputer. Processor yang ukurannya cukup kecil itu juga memiliki kemampuan cerdas yang membuatnya dapat mengatur segala jenis kegiatan yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer. Kemampuannya tersebut digolongkan dalam satuan yaitu MHz dan GHz. Semakin tinggi frekuensi GHz atau MHz yang dimilikinya, maka semakin cepat pula kinerja dari sebuah processor yang bersangkutan. Jadi dengan kata lain, semakin tinggi frekuensi yang dimiliki sebuah processor maka semakin pintar dan cepat pula kemampuannya dalam menjalankan setiap program pada komputer.

Bagian-Bagian Dalam Processor Ada 2 penjelasan yaitu :


Gambar 1.4. Processor


Penjelasan 1 :

Bagian Utama :

  1. CU ( Control Unit ).
  2. ALU ( Arithmatic and Logical Unit ).
  3. Register.


Fungsi Bagian Utama :

1.      CU ( Control Unit )


  1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.


2. ALU ( Arithmatic and Logical Unit )

          Bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika). Tugasnya yang lain adalah mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan suatu program aplikasi dan ada yang kurang beres, maka bagian inilah yang mengambil keputusan bahwa telah terjadi suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memory utama supaya dibuat pengumuman “EROR” pada ayar monitor.


3. Register

          Ragister adalah media penyimpanan yang kecil tetapi kecepatan akses yang sangat tinggi. Disinilah data dieksekusi/diproses sedangkan data-data yang lain masih antri menunggu di memory utama.



Penjelasan 2 :

          Dalam menjalankan tugasnya, processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya terutama hardisk dan RAM. Pun begitu processor tidak dapat bekerja sendiri, melainkan dibantu beberapa unit yang menjadi bagian di dalam processor itu sendiri.

Berikut ini 3 bagian penting di dalam sebuah processor :

Aritcmatics Logical Unit (ALU)

          Ini merupakan bagian dari processor yang berfungsi untuk membantu processor dalam mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program seperti perhitungan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Banyak yang bilang, ALU merupakan unit tempat processor benar-benar melakukan pekerjaannya dalam pengoperasian sebuah komputer.


Control Unit (CU)

          Sederhananya, Control Unit (CU) merupakan bagian dari processor yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output. Unit inilah yang menjaga serta memberitahu unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan didalam primary storage. Control unit juga bertugas memberitahu Aritcmatics Logical Unit (ALU) mengenai operasi yang harus dilakukan, tempat data yang diperoleh, dan letak hasil ditempatkan. Berkat adanya unit ini, segala perhitungan dan eksekusi data dapat dilakukan secara teratur, tanpa tumpang tindih antara perintah satu dengan lainnya.


Register Unit (RU)

          Ini merupakan salah satu unit di dalam processor, yang bertugas sebagai alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibandingkan memori utama. Disinilah alamat-alamat register data yang diolah oleh ALU dan CU disimpan di dalam processor sebelum akhirnya diolah kembali.


Register unit ini terdiri dari 2 bagian yaitu :

Register CPU :

          Lokasi register umum yang berisi sekumpulan register, yaitu register A, B, C, D, E, F, HL, dan SP untuk proses simulasi data.

Register Instruksi (RI) :

          Digunakan untuk menampung instruksi memori yang ditunjuk oleh program counter untuk melakukan eksekusi data.


Jenis Motherboard

  1. Socket yaitu, berbentuk kotak persegi yang terdapat pin (kaki) konektor.
  2. Slot yaitu, berbentuk batangan yang ditancapkan pada port yang khusus disediakan untuk processor model slot. 

Pada umumnya processor jenis slot banyak ditemukan untuk komputer Pentium II.




Macam-Macam :



Gambar 1.5. Processor



1) Pentium IV

Pentium IV dirilis oleh Intel Coorporation pada tahun 2000 sebagai lanjutan dari pentium I, II, dan III dengan kemampuan yang lebih besar. Pentium IV diproduksi dengan teknologi 0,18 mikron. Untuk socket, Pentium IV menggunakan socket 478.


Gambar 1.6. Processor



2) Pentium M

Spesifikasi Intel Centrino yang diperkenalkan tahun 2003. Teknologi Centrino terletak pada susunan komponennya yang dapat digunakan untuk mendukung sistem wireless adapter dan baterai yang tahan lama. Pentium M bekerja lebih baik jika dibandingkan dengan Pentium IV.


Gambar 1.7. Processor


3) Celeron D

Keunggulan Celeron D daripada generasi pendahulunya adalah dalam hal kecepatan FSB yang lebih baik yaitu diatas 33% dengan mode 64 byte.


Gambar 1.8. Processor



4) Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad

Dengan dibatalkannya keluar Pentium V maka Intel mengalihkan dan meningkatkan kinerja Pentium IV yang sifatnya solo menjadi duo. Dalam pengertian ini duo adalah satu Processor tetapi bekerjanya seolah-olah sebagai 2 Processor, 4 Processor dan seterusnya sehingga muncullah istilah-istilah di atas.


Gambar 1.9. Processor



5) Intel Core i7

Intel Core i7 adalah generasi terakhir Processor keluaran. Intel yang sekaligus juga dianggap perubahan terbesar saat ini dalam bidang peluncuran Processor. Perubahan terbesarnya terletak pada memory controller. Kalau pada generasi Processor sebelumnya masih menggunakan chipset terpisah yaitu Northbridge tetapi pada Core i7 sudah menyatu dalam Processor itu sendiri. Keunggulan lainnya adalah kemampuan multimedia yang jauh lebih sempurna.


Gambar 1.10. Processor



6) AMD Athlon
memiliki arsitektur mirip dual Processor sebagai pesaing Intel baik Pentium IV maupun seri Duo.


Gambar 1.11. Processor



7) AMD Opteron

Processor ini dikhususkan untuk pangsa pasar server dan memang terbukti kinerjanya jauh lebih baik dari pada Intel Xeon.


Gambar 1.9 Processor







DAFTAR PUSTAKA



http://teknodaily.com/pengertian-processor-fungsi-dan-bagian-bagian-penting-dalam-processor/
http://naufalfadlurrahman220497.blog.widyatama.ac.id/files/2016/02/macam2-processor.jpg





Tidak ada komentar:

Posting Komentar