Rabu, 13 April 2016

MOTHERBOARD

MOTHERBOARD




Definisi

          Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu  lintas data dalam sistem motherboard. Pada motherboard juga terdapat  socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti  VGA Card, Sound Card, Internal modem, dan lain-lain.

Komponen dalam motherboard :

  1. Socket.
  2. Resistor.
  3. Sirkuit.
  4. Slot.
  5. Port.
  6. Complementary Metal-Oxide Semiconductor (CMOS, dibaca C moss).
  7. Chip BIOS.
  8. Support chip yang memiliki fungsi yang bervariasi.


Sejarah Perangkat Keras MotherBoard

          Sejarah motherboard dimulai pada tahun 1977, dimana saat itu pihak yang pertama kali mengembangkan konsep motherboard adalah perusahaan Apple yang tengah merancang Apple II. Ide tentang motherboard muncul karena para Ahli Apple menilai bahwa perangkat pembangun komputer di masa itu sangat tidak praktis dan terlalu Rumit. Semua komponen yang digunakan untuk membangun komputer dibuat individu dengan penempatan yang terpisah,sehingga tidak efektif.
Para insinyur Apple memutuskan untuk membuat segalanya jadi lebih ringkas dan praktis. Dengan cara menggabung semua komponen menjadi satu di tempat khusus, namun tetap tidak menghilangkan fungsinya sebagai perangkat utama untuk mengoperasikan komputer. Setelah motherboard diciptakan, tak berapa lama kemudian sejumlah perusahaan memutuskan untuk melakukan pengembangan pada motherboard buatan Apple tersebut. Beberapa diantaranya yaitu Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Tak butuh waktu lama, di tahun 1980-an terjadi momen dimana pengembangan motherboard dilakukan secara besar-besaran, bahkan hal ini terus berlanjut ke tahun 1990-an, dimana integrasi tersukses pertama yang dilakukan pada masa itu adalah penggabungan slot keyboard, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.

Sejarah motherboard terus berlanjut. Begitu tetap saja tak ada satupun yang menjadi bentuk standar, karena setiap tahunnya motherboard terus mendapat ubahan yang membuat bentuknya selalu berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, yang mana standar ini kemudian digunakan oleh IBM. Berikutnya ada pula standar yang diciptakan oleh AT (Advance Technology), namun yang paling lama bertahan adalah bentuk standar motherboard ATX (Advance Technology Extension), yang kemudian dikembangkan lagi menjadi Mini ATX dan Micro ATX. Ini merupakan motherboard yang desainnya masih terus dianut oleh banyak perusahaan penghasil motherboard hingga saat ini.

          Perusahaan besar Intel juga termasuk salah satu pihak yang mengeluarkan standar motherboard lewat BTX (Balanced Technology Extension), namun sayangnya produk buatan Intel tersebut kurang mendapat perhatian dari pasar yang masih condong ke gaya lama. Lalu menapaki tahun 2000-an, motherboard sudah terintegrasi dengan beberapa komponen perangkat keras tambahan berupa sound dan VGA yang langsung menempel di motherboard atau lebih dikenal dengan sebutan onboard. Beragam usaha yang dilakukan oleh segenap pelaku bisnis komputer terhadap motherboard masih terus berlanjut hingga kini. Tentu saja perkembangan tersebut dapat terjadi seiring dengan kemajuan lain yang diperlihatkan dari beberapa perangkat keras komputer lainnya. Salah satu buktinya adalah desain motherboard versi modern yang saat ini sudah mendapat tambahan perangkat canggih berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN. Seandainya dulu motherboard tidak pernah ditemukan, mungkin bentuk komputer hingga saat ini masih identik dengan ukuran raksasa, serta penggunaan kabel yang bukan main banyaknya. Selain itu motherboard juga membuat kondisi penempatan komponen di dalam casing jadi terlihat lebih rapi, karena semuanya telah digabung menjadi satu dan yang pastinya tidak ada lagi kabel yang semerawut dimana-mana. Motherboard yang diproduksi di jaman ini memiliki beragam ukuran dan bahkan ada beberapa yang dibuat secara spesifik untuk merek sistem tertentu. Namun kebanyakan motherboard modern telah dibuat untuk siap dipasang ke berbagai macam ukuran casing.


Pengertian MotherBoard

          Motherboard berasal dari dua kata yang terdiri dari ‘mother’ yang berarti ibu atau induk dan ‘board‘ yang berarti papan. Secara harfiah, kata motherboard memiliki arti sebagai ‘papan induk’. Lalu kenapa diberi nama demikian? Sederhananya, motherboard merupakan bagian yang memiliki peran sangat penting terhadap keseluruhan perangkat keras komputer. Tak ada satupun komponen komputer lainnya yang tidak terhubung dengan perangkat penting yang satu ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena itulah sangat wajar jika komponen ini disebut dengan istilah ‘induk’ yang mengisyaratkan peran besarnya sebagai pusat dari beberapa perangkat keras komputer lainnya.

         
Untuk mengetahuinya dengan lebih jelas, berikut ini beberapa pengertian motherboard menurut para ahli :

          Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC (Personal Computer) atau machintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Motherboard adalah papan utama berupa PCB (printed circuit board) yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
Motherboard adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer.
Motherboard adalah sebuah perangkat keras dalam sistem komputer yang berbentuk printed circuit board (PCB).

          Motherboard atau mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain.
Motherboard adalah tulang punggung dari komputer yang berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor, RAM, VGA, Harddisk, Audio, dan periferal lainnya.
Motherboard adalah papan induk elektronik atau mainboard yang dimana semua device komputer dipasang di slot-slotnya.
Motherboard ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen–komponen perangkat keras lainnya, disusun di atas papan printed circuit board (PCB) yang memiliki chip bios (program penggerak) dan yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya.
Motherboard adalah papan sirkuit terbesar pada komputer dan merupakan “Badan” yang menghubungkan seluruh unit pada sistem komputer.


Pengertian Motherboard Secara Umum

          Dari beberapa pernyataan tentang pengertian motherboard menurut para ahli di atas, dapat dibuat kesimpulan bahwa motherboard adalah perangkat keras komputer berbentuk papan sirkuit berupa PCB (printed circuit board), yang bertindak sebagai pusat tempat terhubungnya komponen-komponen perangkat keras komputer lainnya. Dalam menjalankan tugasnya, motherboard memiliki jalur-jalur khusus serta konektor yang ditujukan bagi setiap komponen perangkat lain dalam komputer.


Fungsi Motherboard

Fungsi motherboard dibagi menjadi 3 golongan, antara lain :

1. Sebagai Media Penyatu

          Fungsi motherboard yang pertama adalah sebagai tempat untuk meletakkan atau memasang berbagai komponen perangkat keras lainnya agar berkumpul jadi satu dalam sebuah papan sirkuit. Selain demi alasan efisiensi, langkah ini juga berdampak pada harga komputer yang tentunya akan lebih ekonomis jika semua komponennya dibuat jadi lebih ringkas, ketimbang bila dibuat terpisah layaknya yang terjadi berpuluh-puluh tahun yang lalu ketika motherboard belum ditemukan.

2. Sebagai Alat Penghubung

         Fungsi motherboard yang kedua yakni bertindak sebagai penghubung seluruh komponen penyusun sebuah komputer. Itu artinya seluruh perangkat keras komputer bisa berkomunikasi berkat adanya motherboard yang menjadi penghubung antar satu dengan yang lainnya. Dengan begitu maka komunikasi yang bisa berupa bahasa kode atau perintah (instruksi) dapat terjalin dengan baik, lalu diteruskan untuk menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer yang sempurna.

3. Sebagai Organisator dan Kontrol

          Fungsi motherboard berikutnya adalah sebagai organisator sekaligus kontrol. Disini motherboard bertindak sebagai pengatur lalu lintas data pada sistem komputer. Beberapa hal teknis yang melibatkan BIOS (Basic Input Output System), koneksi input-output, penyimpanan data ke memori, dan lain-lain, kesemuanya tersebut diatur oleh motherboard agar dapat tersusun rapi dan dalam prosesnya tidak terjadi tumpang tindih yang dapat mengakibatkan kinerja komputer menjadi terhenti.



Contoh 1 Motherboard :


Gambar 1.1 Motherboard



1. Socket CPU

Soket Processor digunakan untuk meletakan processor pada motherboard, soket ini terdiri dari banyak pin - pin yang berjajar dengan rapi. Bagian motherboard yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting terhadap lalu lintas data yang baerjalan didalam sebuah perangkat komputer.


2. Slot RAM

Bagian Motherboard yang satu ini berfungsi untuk meletakan memori atau RAM. Slot ini juga memiliki jenis-jenis yang bermacam-macam. Berdasarkan jumlah pinnya, Slot Ram dibedakan menjadi FPM DRAM, EDO RAM, BEDO RAM, SD RAM, RD RAM, DDR SDRAM dan DDR ( DDR sendiri ada beberapa jenis lagi DDR 1, DDR 2, DDR 3, DDR 4 ). sama seperti socket CPU, Dalam memilih RAM juga harus memperhatikan Slot RAM yang ada pada Motherboard, karena apabila tidak sejenis, maka RAM tidak akan bisa terpasang dan berfungsi normal.


3. Konektor IDE dan Floppy

IDE ( Integrated Device Electronics ) merupakan konektor yang digunakan untuk memasang perangkat yang mendukung konektor IDE, seperti CDRoom dan Hard Disk, sedangkan Konektor Floppy digunakan untuk memasang perangkat seperti Floppy Disk, untuk memasang komponen tersebut digunakan kabel data berbentuk lebar dan tipis.


4. Konektor SATA

SATA ( Serial ATA / Serial Advanced Technology Attachment ) merupakan konektor yang berfungsi sebagai port data, fungsinya hampir sama dengan Konektor IDE, tetapi bentuknya lebih ramping dan kecepatan transfer datanya pastinya lebih cepat dari pada Konektor IDE.


5. North Bridge Dan South Bridge Controller

North Bridge adalah sebuah Chip yang berfungsi untuk mengontrol kinerja prosesor, kartu grafis, memori utama, dan bahkan southbridge, karena itu Nord Bridge merupakan bagian Motherboard yang sangat berpengaruh terhadap kinerja dari sebuah komputer. Sedangkan South Bridge merupakan Chipset yang bertugas untuk mengontrol komponent - komponent lain yang tidak ditangani oleh North Bridge seperti socket IDE, USB, mengontrol mouse dan keyboard, menjembatani ISA dan PCI , dukungan Plug and Play, fitur power management dan perangkat lain.


6. Konektor Power

Konektor Power merupakan bagian dari Motherboard yang digunakan untuk menghubungkan Motherboard itu sendiri dengan PSU ( Power Supply ), ada dua jenis konektor power yang ada sekarang ini yaitu konektor tipe AT dan tipe ATX. Untuk membedakan jenis dari konektor AT dan ATX, bisa melihatnya dari bentuknya, apabila konektor tersebut terpisah menjadi dua bagian berarti konektor itu termasuk jenis AT, dan apabila konektor pada Motherboard tersebut menjadi satu header berarti konektor tersebut termasuk jenis ATX.


7. Baterai CMOS

Baterai CMOS digunakan untuk mensupply daya ke Motherboard, dengan tujuan agar data waktu, tanggal serta beberapa data pengaturan penting lainnya dapat tersimpan, bahkan pada waktu komputer dimatikan, CMOS kependekan dari Complementer Metal Oxyde Semiconductor atau bisa disebut dengan BIOS CMOS.


8. Sistem Panel Connector

Sistem Panel Connector berfungsi untuk menghubungkan Motherboard dengan tombol - tombol dan lampu indikator pada casing komputer. seperti tombol power, restart, lampu power dan lampu hardisk.


9. Slot Expansi

Slot Expansi berfungsi sebagai tempat untuk meletakan beberapa komponent tambahan pada Motherboard yang biasanya berbentuk kartu, misalnya modem, LAN Card, VGA Card dan lain sebagainya. Beberapa jenis Slot yang termasuk Slot Expansi diantaranya, ISA (Industry Standard Architecture), VESA local bus, PCI (Peripheral Component Interconnect), AGP (Accelerated Graphics Port), USB (Universal Serial Bus), 1394 dan PC Card.


10. Port I/O

Merupakan sekumpulan port yang terdapat pada Motherboard yang berfungsi sebagai jalur input atau output. Port ini terbagi menjadi beberapa jenis antara lain, Port Serial atau Com 1 & Com 2, Port Parallel, Port PS2, Port USB, Port VGA, Port Audio dan Port LAN.



Contoh 2 Motherboard :


Gambar 1.2 Motherboard



1. Port Firewire

Firewire (IEEE 1394b) untuk mendukung 800MB/s untuk transfer kecepatan tinggi untuk kamera video eksternal dan disk drive eksternal.


2. PCIe x1

Mendukung kartu aksesori seperti adapter nirkabel dan TV tuner-. (Biasanya port ini ada 2).


3. PCIe x16 Soket

Tempat kartu grafis terbaru. Banyak motherboard memiliki 2 atau lebih slot PCIe x16 untuk pemasangan dan menjalankan dua kartu grafis secara bersamaan. Teknologi saat ini di upgrade untuk komponen PCI Express (PCIe). Dengan PCIe, data gambar atau video mengalir lebih cepat melalui kartu ekspansi VGA card.


4. Koneksi Audio Terintegrasi

Kebanyakan motherboard sekarang memiliki audio yang terintegrasi.


5. CPU Socket

Ini adalah tempat dipasangnya otak dari komputer (Processor), dan lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit). Socket ini sangat tergantung pada tipe processor yang digunakan.


Beberapa jenissocket/slot yang pernah dan sekarang digunakan yaitu :

  1. Slot 1 digunakan untuk Processor Pentium II dan III.
  2. Slot 2 digunakan untuk Processor Pentium II Xeon.
  3. Socket 7 digunakan untuk Processor Pentium MMX.
  4. Socket A digunakan untuk Processor AMD.
  5. Socket 370 digunakan untuk Processor Pentium III dan CeleronTM.
  6. Socket 478 digunakan untuk Processor Pentium 4.
  7. Socket LGA 775 digunakan untuk Processor Pentium 4 tipe LGA 775.


6. Fan Headers

Banyak komponen menghasilkan panas ke motherboard. Sangat penting menggunakan motherboard dengan header kipas yang banyak terpasang untuk untuk proses pembuangan panas. 2 pin dari header menyediakan daya pada fan, sedangkan pin yang ke 3 dari header berfungsi agar bios dapat mengontrol kecepatan putar fan tersebut.


7. Soket Memory

Pada slot ini dipasang memory card, ada beberapa Jenis memory dan pada motherboard terbaru saat ini biasanya sudah digunakan jenis memory DDR2 atau DDR3 dengan arsitektur dual channel.


8. Soket ATX Power

Ini adalah soket di mana konektor power ATX dari power supply dengan 20 +4 pin terhubung ke motherboard.


9. Serial ATA (SATA)

SATA memiliki banyak keunggulan termasuk ramping, kabel fleksibel dan link serial sederhana. Semua motherboard saat ini memiliki dukungan SATA untuk hard drive terbaru serta drive optik. (Motherboard saat ini biasanya terpasang 2 atau 4 soket).


10. Header USB

 Jumlah port USB pada komputer hanya dapat diakses menggunakan USB header internal. Setiap USB header internal dapat mendukung dua port USB tambahan dengan kecepatan penuh.


11. IDE

Ini adalah soket di mana ATA100/133 hard drive dan drive CD atau DVD optik terhubung jika komponen tersebut adalah tipe IDE.


12. Slot PCI

Ini adalah slot ekspansi di mana berbagai kartu plug in, pada soket ini dapat dipasang beberapa kartu ekspansi  seperti kartu modem,  kartu jaringan dan lain-lain ke komputer.


13. Slot AGP

The Accelerated Graphics Port adalah kecepatan tinggi point-to- point saluran untuk melampirkan kartu grafis terutama untuk membantu dalam percepatan grafik komputer 3D. Sejak tahun 2004, AGP dihapus dan digantikan dengan soket PCI Express (PCIe).


14. BIOS

Merupakan memory permanen tempat tersimpannya data penanggalan serta pengaturan dari komponen komputer.


15. Chipset

Merupakan sebuah IC yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan daya dan transfer dapat pada soket maupun port yang terpasang pada motherboard.


16. CMOS Baterai

Baterai ini digunakan untuk mempertahankan memori dari chip CMOS yang berisi hal-hal seperti tanggal, waktu, jenis perangkat keras dan pengaturan lainnya khusus untuk komputer.



Gambar 1.3 Motherboard



Paralel (LPT1 atau LPT2)

          Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara paralel. Contoh peralatannya adalah printer dan scanner. Port Serial (Com 1, Com 2) ; Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem.


Port VGA

          Port yang berhubungan langsung dengan layar. Port ini terdapat pada motherboard yang menggunakan chipset VGA on board atau menggunakan VGA card yang diletakkan pada slot AGP.apabila didalam motherboard belum terdapat port VGA maka harus menambah VGA Card.
Port Audio ; Port yang berhubungan langsung dengan peraltan audio, misalnya tape, radio, speaker, atau mikrofon. Motherboard sekarang sudah banyak yang menggunakan chipset audio on-board.


Port LAN

          Port yang dihubungkan dengan kabel LAN/jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ45. Port ini sudah terdapat pada motheboard, karena seringkali chipset motherboard sudah memberikan fasilitas LAN on-board pada motherboardnya.

Daftar Merek Motherboard Terbaik :

1. Asus

          Merek Motherboard yang satu ini dikenal sebagai pemimpin dari produk Motherboard yang ada dipasaran Asia saat ini, yang menguasai hampir 40 % dari pangsa pasar Motherboard yang ada di Asia, dan menyandang predikat sebagai “Best Motherboard Brand” dalam kurun waktu enam tahun berturut - turut. Kestabilitas, kemampuan overclock, serta efisiensi energi, merupakan fitur unggulan dari merek Motherboard yang satu ini. markas besar Asus berada di Beitou District, Taipei, Taiwan.

2. Gigabyte

          Gigabyte Technology Co Ltd didirikan pada tahun 1986 oleh Pei-Cheng Yeh dan bermarkas di Xindian District, New Taipei City, Taiwan. Fitur utama dari Gigabyte adalah Ultra-Durable motherboards, yang memiliki design unik. Gigabyte menduduki peringkat ke-17 diajang "Taiwan's 2010 Top 20 Global Brands".

3. MSI

          MSI merupakan kependekan dari Micro-Star International yang merupakan produsen motherboard asal Taiwan, berdiri pada tahun 1986 dengan markasnya berada di Distrik Zhonghei, Taipei, Taiwan. Produk - Produk MSI kebanyakan mempunyai design yang kecil dan simpel serta mempunyai kecepatan putaran FAN yang sangat tinggi. menjadikan Motherboard ini tidak mudah panas.

4. EVGA

           Merupakan produsen Mainboard asal Amerika yang sekaligus produsen kartu grafis Nvidia. Didirikan pada bulan Juli 1999 dan berkantor pusatnya berada di Brea, California - Amerika. untuk masalah kinerja dari Motherboard EVGA tidak usah ditanya lagi, sangat mengagumkan. kebanyakan produk yang dihasilkan oleh EVGA mempunyai design ramping sehingga tidak banyak memakan ruang casing komputer.

5. INTEL

          Dan yang terakhir ini yang bikin greget, Intel Corporation adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berkantor pusat di Santa Clara, California. Intel juga merupakan salah satu perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, berdiri pada tanggal 18 Juli 1968. Dari segi produk Motherboardnya tentunya kualitas dan performanya bisa diandalkan. Berbagai produk unggulan lain dari Intel diantaranya Bluetooth chipsets, Flash memory, Microprocessors, Motherboard, Lan Card, Handphone, Harddisk dan Processor.





DAFTAR PUSTAKA


http://rikiahmadt.blogspot.co.id/2015/07/perangkat-keras-motherboard.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar